adsense uper

Monday, April 18, 2016

Turun Mesin Beres

Di postingan sebelumnya, Trooper 1986 saya mengalami masalah asap berlebih yang keluar dari belalai hawa mesin yang keluar di bawah bagian bawah mesin. Akhirnya diputuskan untuk turun mesin.

Setelah dilakukan pembongkaran, diketahui masalahnya ring piston dan boring silinder sudah aus. Jadi saya lakukan pemesanan spare part berupa packing set, boring silinder, ring piston set, water pump, dan kopling set karena kopling yang ada juga ternyata sudah tipis. Sudah terlanjur menginap di bengkel, jadi saya putuskan untuk sekalian memperbaiki gardan depan dengan mengganti bearing - bearing dan seal-nya serta mengganti seal power steering gearbox. Total dana yang dikeluarkan untuk semua spare part ini berkisar empat jutaan.
Setelah menunggu sekitar 4 hari karena spare part dipesan di Jakarta, akhirnya barang yang ditunggu pun datang. Lama pengerjaan bongkar pasang mesin ini berkisar dua minggu, dan mesin pun akhirnya siap untuk dihidupkan kembali.
Nah sini muncul masalah baru. Proses penghidupan pertama tidak saya lihat secara langsung, tetapi setelah mesin hidup dan didiamkan idle lama, saya melihat muncul asap putih kehitaman pekat dan perih dimata yang keluar dari knalpot. Asap yang mulanya keluar dari belalai hawa sudah tidak ada lagi.
Mulanya saya berfikir mungkin itu karena ada sisa oli di bagian internal mesin yang terhisap. Tapi karena tidak hilang - hilang, saya pun mulai curiga ada masalah lain. Awalnya saya berfikir ada yang kurang beres saat proses perakitan kembali mesin sehingga ada kebocoran oli yang masuk keruang pembakaran, mungkin seal klepnya tidak terpasang dengan baik.
Setelah si mekanik bertanya sana sini dan saya pun mencari referensi di internet, ada kemungkinan fuel pump bermasalah. Awalnya saya tidak percaya karena asap yang keluar seperti oli yang terbakar berwarna keputihan, tapi si mekanik memastikan bahwa semua seal di mesin sudah terpasang dengan baik. Saya pun pasrah saat menkanik membawa fuel pump ke tempat service injektor diesel dan memang benar ada bagian yang sudah aus. Akhirnya dilakukan penggantian injektor, serta seal - seal di fuel pump. Kena hampir dua jutaan untuk perbaikan fuel pump.
 Setelah fuel pump dipasang, mesin langsung nyala tanpa kendala dan asap putih itu hilang. Lega sudah mesin akhirnya bisa hidup dan berjalan dengan baik tanpa ada kendala.

No comments: