adsense uper

Tuesday, October 4, 2016

Terhubung Komputer Rumah Dari Mana Saja Menggunakan DDNS Gratis

Bayangkan jika kita punya IPCamera yang terpasang di rumah atau dikantor yang memiliki koneksi internet, tetapi rumah atau kantor tersebut tidak memiliki IP Public yang statik. Untuk mengakses IP Camera tersebut kita akan kesulitan karena koneksi tersebut memiliki IP dinamis yang selalu berubah - ubah. Tetapi dengan menggunakan Dynamic DNS, kita dapat menghubungkan nama domain atau subdomain statis dengan alamat IP yang berubah - ubah.
Setiap melakukan koneksi ke internet, kita akan diberikan sebuah alamat IP oleh ISP. Alamat IP ini bisa saja tetap atau statik maupun berubah - ubah atau dinamik. IP statik dan dinamik ini diberikan oleh ISP tergantung dari jenis paket koneksi yang disediakan oleh ISP. Untuk mendapatkan IP yang statik biaya yang dikeluarkan jauh lebih mahal daripada jika kita diberikan IP yang dinamik. 
Untuk mensiasati hal ini, kita dapat menggunakan Dynamic DNS agar kita dapat selalu terhubung dengan perangkat di rumah atau kantor yang terhubung dengan internet. Salah satunya dengan menggunakan Dynamic DNS atau DDNS dari noip.com secara gratis. Caranya sebagai berikut :

1. Tahapan pertama adalah dengan melakukan pendaftaran disini. Isi formulir dengan alamat email, nama pengguna, kata sandi, dan alamat subdomain yang akan digunakan.
2. Download aplikasi Dynamic DNS Update Client disini. Kemudian install di komputer yang terkoneksi dengan internet. Aplikasi ini akan selalu mengupdate alamat IP dari koneksi internet tersebut.
3. Lakukan konfigurasi pada router atau modem untuk mengarahkan koneksi dari internet ke perangkat yang dituju. Hal ini dilakukan dengan mengkonfigurasi Port Forwarding pada router atau konfigurasi virtual server pada modem. Cara konfigurasi ini berbeda - beda tergantung dari merk dan tipe router atau modem yang digunakan.

No comments: