adsense uper

Sunday, March 27, 2016

1986 Trooper SWB

Pada saat saya mengambil mobil ini, kondisinya sangat memprihatinkan. Lama terjemur terik matahari dan kekurangan kasih sayang. Bumper depan dan belakang tidak ada, Kursi, backleading, plafond, karpet terlepas, AC mati, kabel berantakan, alternator gak ngecas, motor wiper mati, dan aki tekor. Masih untung mesin dieselnya masih mau hidup dan sistem gerak empat rodanya masih berfungsi. Yah, begitulah saya kira.

Saya sangat senang dengan mobil ini. Jika dibandingkan dengan mobil sejenis di tahun yang sama, mobil ini memiliki beberapa kelebihan dengan suspensi dengan yang independent membuatnya lebih nyaman di bawa di jalanan dan mesin isuzu c223 yang bandel. Tapi karena lama terdiam, kondisinya menjadi sangat memprihatinkan.
Sedikit demi sedikit diperbaiki, mulai dari alternator, kabel - kabelnya walaupun masih ada yang belum beres, plafond dan karpet mobil diganti, backleading di pasang kembali, dan terakhir AC yang lama diperbaiki. Setelah semuanya selesai, bumper depan dan belakang saya bikin dari pipa 2,5 inci bekas yang saya las di bracket yang ada.
Yah, walau kondisinya belum sempurna, tapi cukup lumayan untuk "daily driver" saya. Dengan ban 33 dan body lift, mobil terasa sedikit limbung saat jalan cepat, tapi masih cukup nyaman untuk menemani kegiatan sehari - hari saya. Apalagi dengan mesin diesel yang sama dengan Isuzu Panther konsumsi solarnya sangat irit, enteng buat kantong.
Setelah 2 bulan dipakai, saya mulai memperhatikan adanya asap berlebih di belalai hawa pembuangan mesin yang ada di bawah. Jika mesin sehat pasti asap ini gak akan keluar. Dengan googling dan tanya sana sini akhirnya saya berkeyakinan bahwa mesin sudah waktunya buat di overhaul, karena ring piston atau mungkin cylinder linernya udah aus, jadi oli masuk ke ruang bakar dan menghasilkan asap berlebihan tadi.
So, it's off. Butuh waktu yang lama dan tidak bisa dikerjakan sendirian, saya meminta bantuan mekanik langganan saya untuk membongkar mesin ini. Akhirnya ketahuan kalau liner no 1, 2, dan 4 sudah sangat aus sampai piston goyang saat TDC, kruk as ada yang lecet, dan water pumpnya bocor. Spare part yang perlu diganti cylinder liner, packing set, water pump, piston ring set, metal duduk, dan metal jalan. Kita tunggu hasilnya, mudah - mudahan masalah asap bisa terselesaikan dan tenaganya tambah jos.

No comments: