adsense uper

Friday, September 2, 2016

Perbaikan Handle Pintu Mobil Yang Patah

Handle pintu dari bahan plastik sering patah. Sebelum diganti dan beli baru, bagian yang patah bisa diakali dengan di lem dan ditambah plat besi supaya lebih kuat. Berikut ini langkah - langkah untuk memperbaiki handle pintu yang patah.


Pertama kita perlu membuka door trim pintu. Buka baut handle pintu dalam dengan mengguakan obeng.


Setelah baut door trim di buka, door trim ditarik dan dorong ke atas. Setelah terbuka, jangan lupa cabut kabel power window. Letakkan door trim di tempat yang aman agar tidak mengalami kerusakan.

Untuk membuka handle pintu luar, kita perlu membuka pengunci pintu dengan cara membuka baut (biasanya ada tiga) yang menahan pengunci pintu. 

Sebelum membuka handle pintu, pastikan bahwa pengait telah dibuka dengan cara membuka klip penahannya. Untuk membuka handle pintu, buka kedua baut penahan dengan menggunakan kunci 10mm. Kemudian tarik handle pintu dari luar, maka handle pintu akan terlepas.

Setelah handle pintu terlepas, sekarang kita bisa melepaskan pin penahan tuas pintu dengan menggunakan tang. Tarik pin hingga terlepas. Perhatikan posisi per agar tidak salah saat melakukan pemasangan kembali. 

Untuk memperkuat tuas handle pintu yang patah, digunakan plat besi yang nantinya akan di lem ke tuas handle pintu. Plat besi ini di bentuk sesuai dengan kontur tuas yang patah, dan di beri lubang untuk masuknya pin penahan.



Bagian tuas yang akan dipasang plat besi di ratakan dan kurangi ketebalannya menggunakan gerinda agar ketebalan tuas tidak terlalu tebal dan muat dengan rumah handle pintu saat akan dipasang kembali.
 


Setelah diratakan, tuas yang patah di lem dan plat besi di tempelkan menggunakan lem super dan lem besi. Diamkan lem sampai benar - benar merekat dan keras. Setelah itu tuas dapat dirakit kembali.


Handle pintu yang patah telah selesai diperbaiki, dan siap untuk dipasang kembali. Untuk melakukan pemasangn kembali tinggal dibalik langkah - langkah saat membongkar tadi. 

Ini video yang tahapan - tahapan pengerjaannya.



Selamat mencoba!

No comments: