adsense uper

Monday, January 28, 2008

Merakit sendiri infus untuk Canon iP1200


tampak hasil

Biasanya kalo tinta yang ada di dalam cartridge sudah habis, saya mengisi ulang tinta dengan cara disuntik. Bagian atas cartridge di lubangi, trus diisi dengan tinta. Mungkin cara ini banyak dilakukan temen2. Yah, dari pada beli baru seharga 150rb-an untuk PG-40 (hitam) dan 190rb-an untuk PG-41(warna), isi ulang dengan cara disuntik jauh lebih hemat. Masalah yang sering saya temui, kalo udah di isi ulang sering kali kualitas warna yang dihasilkan berkurang. Bahkan warna merah, biru, atau kuning gak keluar sama sekali. Jadi gak bisa lagi print foto – foto. Pengen beli kit infus untuk printer ini juga susah (gak tau sekarang udah ada yang jual belom?). Nah, kebetulan dirumah ada kit infus bekas printer Epson yang gak kepake lagi, akhirnya coba – coba dipasang di iP1200. Setelah dicoba seminggu, hasil printnya masih seperti yang asli.

Bahan dan alat yang diperlukan :



  1. Cartridge Canon PG-40 dan PG-41. Sebaiknya pake yang baru karena head masih bagus. Yang saya pake disini cartridge yang belum pernah diisi ulang dan tinta masih ada sedikit.

  2. Pisau rumah.

  3. Lem super.

  4. Tinta.

  5. Selang infus. (Kebetulan saya ada infus kit bekas yang selangnya terhubung dengan tangki tinta. Saya pernah liat di toko, selang infus dan tangki tinta dijual 37rb-an).

  6. Bor kecil.

Cara merakit :



  1. Buka bagian atas cartridge yang berwarna abu - abu dengan menggunakan pisau.

  2. atas





  3. Perbesar lubang ventilasi yang ada di bagian atas cartridge dengan munggunakan matabor. Gunakan bor yang berdiameter sama dengan diameter selang.




  4. Masukkan selang ke lubang yang telah dibuat.




  5. Gunakan lem untuk merekatkan lubang ke bagian atas cartridge.




  6. Jika diperlukan tambah tinta yang ada di dalam tabung cartridge. Pastikan tinta yang ada masih cukup. Tapi jangan terlalu banyak. Hati – hati jangan sampai salah mengisi tinta atau tinta tercampur.




  7. Lem bagian atas cartridge dengan tabung cartridge. Pastikan bagian atas ini merekat dengan sempurna. Jika ada bagian yang renggang bisa mengakibatkan kebocoran dan tinta gak akan tersedot.

  8. selang






  9. Nah, langkah ini mungkin sedikit “menyakitkan”. Karena ruang dalam badan printer ini agak sempit, ada beberapa bagian yang perlu di potong agar selang gak nyangkut.

  10. kiri

    kanan






  11. Nah, sekarang tinggal memasang cartridge. Saat memasang perhatikan lokasi untuk merekatkan selang. Jangan sampai selang mengganggu pergerakan cartridge.

  12. tampak hasil



    tengah

    buka


    Beres deh.... Setelah 2 minggu pemakaian belum ada masalah, dan hasil print sama bagusnya dengan tanpa infus. Dan keuntungannya gak perlu main suntik lagi.


40 comments:

wahyu said...

trmkasih atas infonya, sekalian bongkar pasang daleman printer dong ! kemarin aku coba mbersihkan busa luberan tintanya ehhhh ternyata ada ada kelebihan skrup, per, dan yang paling parah cartridge kagak mau duduk pas di tempatnya. jadi bocor terus. Please help me... Untuk body sptnya ngak usah di cutter seperti itu. Saya mencoba menambahkan alat bantu. Pake Penggaris bekas kemudian saya simpan di depan, sehingga body kagak ancur..

bisigi said...

saya udah coba2 ngakalin supaya slang gak "ganggu" saat print tanpa ngerusak bodi. tapi belom ketemu cara yang pas. mungkin bisa bagi tips nya?

estiko said...

bagaimana kalau yang baru mau dirubah ke sistem infus /pasang infus kit ke printer?

bisigi said...

yang baru maksudnya apa? printer yang model baru atau baru beli.
kalo cartridge-nya sama, harusnya sih caranya juga sama

kangyana said...

wah siiiip tutorial yang keren.... makasih ya Mas

setyawan said...

Pertama-tama terima kasih banget nich tutorial...lengkap ..tapi ada tapinya Booosss cara bikin buangan tintanya blommmmmmmmm...heheheh...???

loadfoo said...

Hmmmmmmmm ...... Untuk canon ga terlalu perlu pembuangan :D ya kalo mau kasih pembuangan ya gampang2 aja sih. Caranya :

Buka Cover printer kalo bisa bolongin bagian belakang yg se-arah sama slang pembuangan, tp jangan terlalu atas. hehehehe nanti tinta buangan ke sedot lagi ma catridge :P

trus jangan lupa simpan botol tempat tinta buangan harus di bawah printer ........ (biar aman).

mamas86 said...

Mantap.... trims infonya...

Kapojos said...

mas, saya udah coba infus ip200ku jadi sih... tapi masalahnya kalo tutup botol infus dibuka jadi bocor... kalo ditutup jadi ... nah kalo ditutup terus, baru print 20 lbr udah abis warnanya.... kareana tinta ngalir ke cartridge kl tutup botolnya dibuka...jadi gmana dong..... plzzzzz??? cape harus head cleaning terus.. n lap tissu....

bisigi said...

coba kasih lubang angin di tutup botolnya. yg kecil aja biar gak bocor.

ndeso said...

thanks gan....
btw bwt pembuangan tinta nya gimana tar kepenuhan...
^.^

Yiyin jayinah said...

Saya dah coba infus tapi yg hitamnya aja. Kondisi catrieg hitam membaik. Tiap print selalu dipast dg hasil memuaskan. Hanya mslh sy blm berhasil infus catrieg warnanya. Keb. Catrieg keburu ngadat trs sy beli catrieg warna lagi. Masih cari cr utk bs pasang infus. Mengingat posisi pergantian slang tampak ribet... Dan khawatir catrieg warna rusak. Kebetulan sy perlu canon utk print dokumen dan kebutuhan rental. Utk photo sy pakai hp lagi kebetulan hasilnya bagus dan lebih bening.

Yiyin jayinah said...

Hasil infus catrieg hitam Canon IP 1200, diinfus sendiri hasilnya jauh lebih baik. Sampai 1 minggu udah ngeprint 300 hal. Dg kualitas di-fast tapi hasil perfect. Saya bingung, apakah kalau yg warna diinfus juga akan menghasilkan warna yg jauh lebih baik? Yg pasti sy blm berani infus warna karena ribet dan takut catrieg rusak.

bisigi said...

buat pembuangan, tinggal sambung aja selangnya, trus arahin keluar. diluar tampung pembuangan pake botol. kl udah penuh bisa dipake lagi :D

Yiyin jayinah said...

Sekarang IP 1200, diinfus sdr yg hitam udah berjalan 1 bln, udah ngeprint 2 rim lbh kertas, makin oke, kualitas difast. Sy seorang ibu rmh tg yg bk sambilan rental. Suami sibuk kerja. Sejak diinfus tinta hitamnya sy tdk jantungan menghadapi pelanggan rental krn takut kehabisan tinta.

gofree1000 said...

Bagus tuk kita coba, thanks

DHABE said...

bisa gak canon mp 145 di pasangin infus?????????

bisigi said...

lom pernah di coba. tapi idenya sama kok untuk semua cartridge.

mangdeska said...

Ass. sudah lama saya cari artikel ini untuk membuat print infus, terimakasih sekali ya

Yiyin jayinah said...

Entah berapa rim kertas dihabiskan canon 1200 yg sy infus catrieg hitamnya doang hg detik ini msh oke.

sampratama said...

thank 4 idenya. tp ip 1300 yang aq injek sering bocor. jd warna kuning dan biru kcampur.... jelek dech hasilnya. terus warna itemnya sering keluar jd pas ngeprint sering ada bercak tinta getuuu solusinya dunk

Reri said...

IP 1200 gw kejadiaannnya sama gak keluar tinta warnanya dan selain itu, waktu di print hasilnya gak hitam semua, tapi sebagian tulisan agak kabur, selain itu dalam setting nya jika tinta warna atau black gak masuk, gak bisa ngeprint, padahal seharusnya bisa donk walau hanya dengan satu tinta baik black/colour. Aq mw nanya nih yang rusak printer atau catridgenya??Selain itu Canon IP-1200 nih bagus gak sih, n keunggulannya apa aja, kekurangannya jg, mohon bantuannya, trims!!

triatma said...

makasih broo infonya.
berguna banget nih..
btw kalo dijakarta beli alat2 itu dimana?
gw nanya ama toko2 dijalan harganya lebih dari 100rb semua...
padahal cuma selang dan tabung....

wiradharma said...

canon mp145 bisa kook diinfus. aku sudah pasang sendiri. cuma ada sedikit masalah, untuk warna hitam lancar2 aja. cuma yang warna sering macet warnanya, hingga sering harus deep cleaning, capek deh !!!! Ada soolusi gak ya

ekopewe said...

wah bagus tuh tutornya om, saya sih tadinya mau pasang di toko, cuma masih penasaran gimana cara pasangnya (susah/nggak), tpi sekarang jadi niat pasang sendiri abis liat tutorialnya di blog ini :D

ram aimeri said...

makasih ya atas infonya..saya belum pernah mencoba memasang tinta infus tapi, dng infonya saya akan coba..salam kenal...

vin said...

di carrefour saya pernah liat tu ada jual tabung infus, tp saya sendiri blm pernah coba beli.. saya jg ada rencana mw pasang infus sendiri utk iP 1300 saya.. nnt saya coba ah.. hehe

itto said...

mas kalu buat print Canon iP1980 bisa gak?tolong dibalas cepat ya.trims

adi said...

cara pasang infus unt mp 145 apa sama dengan postingan ini?. masalahnya, untuk pemasangan 1_ 2cart di ganti E 5, trus pemasangan 2_juga 2cart di ganti jadi E 15,
untk reset semua blog udah tidak manjur lagi....keburu beli epson t 11, eeh.....
ketemu blog ini, mungkin mas bisa bantu mp 145-ku ?

andimaliter said...

suka

happyinkindonesia said...

Mungkin lebih baik jika selang dikasih yang namanya L-Knee dan pemasangn juga kayaknya lebih bagus jika dibagian bawah, sehingga tidak perlu memotong sebagian printer, thanks

Mboh said...

wah mo coba di ip1980 ku bisa gak ya

Abady said...

Nanya donk...
Cara ngisi tinta infusan printer canon ip1200 gmn ya?
coz udah ada peringatan bahwa tinta mau habis.
Tolong bantuannya.makasih...

adhy said...

Thank's buat ilmu nya..

tinta art paper said...

maaf pak, menurut saya tutup cartridge justru tidak boleh dibuka karena menyebabkan cartridge tidak kedap udara sehingga selang tinta tidak bisa penuh alias sering ada udara akibat selanjutnya hasil print tidak maksimal. Coba perhatikan gambarnya lebih detil, selangnya penuh dengan udara bukan penuh dengan tinta, teknik yang bagus membuat selang penuh tinta tanpa udara sama sekali. thanks

diwaa said...

koq tinta di catridge saya berkurang ya gan (terlihat di monitor pd saat nge-print) padahal setiap mau pakai jepitan selang dan tutup tabung yg kecil itu saya buka..
mohon petunjuknya gan,,

evi said...

Tq... aku punya sudah jadi......

bisigi said...

data yang ditampilkan memang nggak menunjukkan isi tinta sebenarnya. selama masih bisa di pake ngeprint gak masalh

asfasunaryo said...

jkalau punya saya malah mampet lama ga di pakai nyesel jadinya,kalau mau benerin caranya gimana ya

oyoy said...

tolong dong.. klo bisa kasih tau bagian bagian catridge ip1200....