adsense uper

Thursday, May 1, 2008

Galon air untuk boks

galon air buat boks
Sebenernya ide ini muncul karena kurang dana, waktu buat beli atau bikin boks beneran, atau memang karena kurang kejaan kali.... hehehe.... Tapi mungkin nggak juga yah, karena saat buat boks ini, sebenarnya saya masih dikejar – kejar ama “ide” yang harus dituangkan kedalam kertas (kata temen2 “paper” tapi kalo dibilang paper agak aneh juga dengernya karena paper artinya kertas, dan kertas belum tentu ada tulisannya). BTW, idenya datang karena buat sebuah subwoofer, agar suara bassnya keluar, diperlukan boks resonansi (gak tau istilah pastinya).

Dulu waktu SMA sempet buat sendiri boks, dan hasilnya mengecewakan. Setting boksnya gak tepat, banyak bocornya, sambungan yang renggang, dll. Jadi suara yang keluar sering kali gak “bulat” karena banyak “suara tambahan” sumbangan dari boks yang gak karuan. Karena udah kesel sama suaranya jadi boks, power, dan sub-nya disimpan digudang aja. Nah, karena ternyata adik pengen pake itu power dan sub, karena kurang kerjaan (kurang duit juga buat beli boks), kepikiran buat bikin dari galon air minum. Iya, Sub-nya pake merk ”tango” dan powernya merk ”audison”. Gak kenal yah? Namanya juga paket ekonomis.

Secara teori, ada hitungan volume boks yang baik buat sub 10 inch, dan ada tipe boks yang cocok untuk mengeluarkan bass yang ”nendang” atau ”lembut”. Yah, karena baru coba – coba jadi semua teori di masukkin ke dalam lemari dulu. Langsung tancap dan bikin aja. Alat yang dipake juga sederhana, cukup sediain galon air yang bekas, gergaji besi buat bikin lubang sub-nya, dan silicon sealer buat nutup yang bocor dari sambungan boks galon ama sub. Ternyata hasil yang didapatkan dengan menggunakan boks ini lumayan. Suara bas yang keluar lumayan kuat buat didalam mobil. Paling enak kalo denger lagu jazz. Yah, dibanding dengan biaya yang dikeluarin, cukup memuaskan deh... Cuma, karena belom sempet mikirin dudukan buat galonnya, kalo jalan si boks suka goyang, dan ngeluarin suara yang lumayan ganggu.... :p Kalo ada waktu kosong ntar mo dibikinin dudukannya dan itung – itungan teorinya. Mungkin galonnya perlu disetting lagi biar suaranya tambah asik. :))

1 comment:

uzan said...

weleh weleh bang bisri ini punya keterampilan unik rupanya.. suka mengkreasikan sesuatu dari sekitarnya... salut bang!
sampe jumpa lagi nanti di bandung.