adsense uper

Tuesday, May 5, 2009

jangan sering - sering zoom in & out lensa anda !

Mau berbagi pengalaman dan siapa tau punya solusi. dan sebenernya hal yang saya alami ini mungkin juga terjadi di merk2 lain selain canon. (gw sekarang pake canon big grin ) saya punya 2 lensa, lensa kit canon 18-55 f/3,5-5,6dan tamron 70-300 f/4-5.6 ld di.

awal2nya lensa tamron gw bermasalah dan minggu lalu lensa kit ikut2an. setiap kali digunakan dengan bukaan yang kecil pasti error. biasa di canon muncul err99 itu. hasil pencarian browsing di internet, err99 disebabkan banyak hal. ada yg bilang kontak antara lensa dan body kotor, dan ada yang bilang karena diafragma macet. setelah gw coba bersih2 bidang kontak antara lensa dan body dan yakin kalo udah bersih ternyata masalah yang sama muncul. saat bukaan penuh gak err99, tetapi saat bukaan diafragma dikecilin, kembali muncul deh err99.

nah, karena alasan pertama gak terbukti, saya pun fokus buat membuktikan penyebab kedua : diafragma macet. dengan modal pede dan nekad serta dengan modal satu set obeng kecil, saya beraniin coba buka sendiri lensanya. setelah monting terbuka, keliatan deh isi dalem lensa. dan setelah sedikit memberanikan membongkar komponen dalemanya, ketauan deh pusat permasalahannya.



KABEL ELASTIS PUTUS! yup kabel elastis yang mengantarkan sinyal dan arus listrik dari bodi ke motor penggerak diafragma-nya putus. jadi di diagfragma gak bisa diatur, dan kalo diubah nilainya akan err99. biar lebih jelasnya, nih gw kasih gambar yang terjadi pada lensa kit canon 18-55.



di gambar ini, terlihat ada kabel elastis. (ditandai dengan tanda panah merah)



di gambar ini, terlihat keadaan kabel tersebut saat kita zoom in.



nah, di gambar ini, terlihat kabel elastis tersebut (panah merah) terlepit saat kita zoom out.

yup, kabel tersebut terlepit saat kita zoom out. jadi, semakin sering kita mainin zoom lensanya, kejadian tersebut akan terulang2 terus berkali2, sampai akhirnya putus!!! yup, putus. dan kalau sudah putus, maka sinyal ke motor diafragma tidak akan sampai.

so, dari pengalaman ini, sebaiknya kalau tidak terlalu penting, mending jangan terlalu sering mainin zoom lensa anda. daripada kejadian ini terjadi di lensa anda. buat suhu2 yang penah ngalamin hal yang sama, mungkin bisa ngasih solusi untuk hal ini. mungkin ada punya kenalan dimana bisa membeli spare part kabel ini atau ada trik2 khusus untuk menyambungnya kembali, mohon berbagi ilmunya buat kita yang masih belajar.

thx all

1 comment:

Ismail Agung said...

tsaaaah, tamron 70-300 saya juga kena error 99. error klo ganti settingan diafragma. jadi musti bertahan di bukaan 5.6.

nasipnasip.
trims atas infonya.